Ragam Kuliner Khas Melayu di Pekanbaru

Beberapa teman-teman yang baru datang ke Pekanbaru menanyakan, “Dimana sih kuliner-kuliner yang khas Melayu Riau di Pekanbaru ini? Kebanyakan rumah makan Padang saja yang terlihat.” Saya pun sebagai warga perantau yang sudah beberapa tahun tinggal di Pekanbaru sedikit bingung untuk menjawabnya. Kebanyakan hari-hari saya pun makan nasi Padang setiap jam istirahat kantor. Tapi ternyata, kalau ditelusuri, ada banyak kok rumah makan yang menyediakan kuliner khas melayu di Pekanbaru ini. Apa saja itu?

1. Mie Sagu

Sesuai dengan namanya, mie ini terbuat dari bahan dasar sagu. Tak seperti halnya kebanyakan mie lain yang berbahan dasar tepung terigu. Mie Sagu berasal dari dari daerah pesisir Riau, yaitu daerah Selatpanjang, Pulau Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti. Perkebunan sagu banyak dijumpai di daerah tersebut karena sagu menjadi alternatif sumber karbohidrat bagi kebanyakan masyarakatnya. Ada 2 versi mie sagu, yaitu mie sagu goreng dan mie sagu rebus. Keduanya biasa dihidangkan bersama dengan ikan teri (bilis), telur, tauge, dan potongan daun kucai.

Beberapa rumah makan di Pekanbaru yang menyediakan hidangan Mie Sagu antara lain Kedai Kopi Yong Bengkalis (Jl. Letjend S. Parman) , Pondok Sagu Cemara (Jl. Cemara), Romah Miso dan Mie Sagu Bengkalis (Jl. Kenanga) dan Mie Sagu Bu Tuti (gerobakan di Jl. Ronggowarsito).

2. Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan hidangan yang berasal dari Malaysia namun juga umum dijumpai di beberapa daerah di Sumatra (Sumut, Riau dan Kepri). Sekilas Nasi Lemak memang mirip dengan nasi uduk namun ternyata ada beberapa perbedaan jelas antara kedua hidangan tersebut, khususnya dari penggunaan lauk dan jenis sambalnya. Biasanya nasi lemak didampingi dengan lauk berupa ayam goreng/ayam rendang/daging rendang dan menggunakan sambal terasi.

Beberapa rumah makan di Pekanbaru yang menyediakan hidangan Nasi Lemak antara lain Nasi Lemak Corner (Jl. Air Dingin), Warung Merry (Jl. Mutiara), RM. Pelangi 88 (Jl. Tanjung Datuk) dan Willton Cafe (Mal Ciputra dan Mal SKA).

3. Lontong Bengkalis

Pada dasarnya Lontong Bengkalis sangat mirip dengan lontong pecal dari Sumatra Barat. Lontong Bengkalis terdiri dari lontong dan mie kuning yang diguyur dengan kuah santan dan kuah kacang. Lauk yang digunakan biasanya berupa telur rebus. Seperti kebanyakan lontong sayur lainnya, hidangan ini cocok dimakan sebagai menu sarapan.

Beberapa rumah makan di Pekanbaru yang menyediakan hidangan Lontong Bengkalis yaitu di Kedai Kopi Yong Bengkalis (Jl. Letjend S. Parman).

4. Asam Pedas (Patin/Baung)

5. Bolu Kemojo

6. Ikan Selais

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s