Pengalaman Menginap di Novotel Pekanbaru

Akhir pekan kemarin saya mencoba menginap di hotel dalam kota Pekanbaru. Kalau kebanyakan orang bilang istilahnya sekarang adalah staycation, tapi nggak tau juga bener atau nggak istilahnya. Intinya, saya lagi bosen saja dan mau santai-santai akhir pekan tapi malas ke luar kota. Jadilah memanfaatkan point yang dipunya dari Traveloka (cuma potongan 120 ribu sih sebenarnya) ditambah diskon promo 50 ribu.. Itung-itung dapat potongan 170 ribu rupiah kan lumayan banget.. Rata-rata tarif kamar tipe Superior di Novotel Pekanbaru ini adalah sekitar 650-800 ribu rupiah tergantung dari hari dan traffic orang yang menginap (kalau peak season biasanya naik menjadi sekitar 1 juta rupiah per malam).

Balada bocah kabur dari kosan 🙂

Sabtu pagi sudah bangun di kosan dan beres-beres pakaian plus perlengkapan lainnya. Masukkan ini, masukkan itu, dan yak siap semua! Jam 12 siang, meluncurlah saya ke Novotel Pekanbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2016 lalu ini. Saya memilih untuk parkir di area basement yang tampak agak gelap dan lumayan kosong siang itu. Nggak pakai lama, langsung masuk ke hotel untuk check-in 🙂

Terletak di Jl. Riau, Kawasan Pusat Bisnis di kota ini, dan dikelilingi Ciputra Seraya Shopping Mall dan Bioskop Riau XXI, Novotel Pekanbaru terletak hanya 5 menit dari pusat bisnis dan hiburan, 15 menit dari kantor pemerintah dan Pasar Wisata, dan 20 menit dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II. Sumber: Accor Hotels

Novotel Pekanbaru, tampak depan dari Sadira Plaza

Setiap lewat Jalan Riau, melihat tampak luar hotel ini terkesan ramping dan sempit. Eh tapi ternyata saat udah masuk dan menginap di dalamnya, lumayan lega juga ini bangunan. Hotel dengan 197 kamar ini memiliki restoran yang buka sepanjang hari, bar lounge, kolam renang, pusat kebugaran (fitness center), spa, ruang serba guna dan ballroom.

Lobby hotel

Selepas taro kendaraan di parkiran basement, saya langsung naik ke lobby hotel. Siang itu tidak tampak ramai orang yang check-in, mungkin karena saya juga yang check-in lebih awal (sekitar jam setengah 1 siang). Sabtu malam dan Minggu paginya sih baru kelihatan ternyata ramai juga yang menginap di sini. Lobby hotel Novotel Pekanbaru ini bagus, simple dan elegan. Dekat meja resepsionis ada kayu-kayu yang disusun jadi batang pohon besar. Beberapa hiasan burung-burung digantungkan di ujung kayu-kayu itu. Bagus aja sih lihatnya.. Oya di lobby ini juga disediakan 2 unit iMac dan arena bermain anak walaupun ukurannya nggak besar..

Suasana lobby hotel

Giant wooden trees for life

Fasilitas kamar

Tanpa babibu, beres check-in langsung bergegas naik ke kamar di lantai 11 (non-smoking). Kesan pertama..kamarnya oke dan lumayan luas (28 meter persegi). Meskipun lantainya tidak berkarpet tapi nuansa kamarnya tetap terasa apik sih. Amenities kamar mencakup coffee/tea maker, TV, deposit box, air mineral, minibar, satu set meja dan kursi kerja serta satu set meja dan sofa untuk selonjoran. Kelebihan lainnya adalah soket listrik alias colokan yang jumlahnya lumayan banyak, termasuk di samping TV dan kedua sisi kasur.

Kamar tipe Superior Novotel Pekanbaru

Kamar tipe Superior Novotel Pekanbaru

Colokan listrik di kedua sisi kasur

Kekurangan yang saya rasakan selama menginap di antaranya adalah AC yang agak lama mendinginkan ruangan (apalagi Pekanbaru panas), TV yang gambarnya agak berbintik dan meja kerja yang agak sempit dan terlalu menempel ke TV.

Sempit

TV yang besar namun gambarnya berbintik

Oh ya, di channel 1 TV-nya diputar video tentang potensi wisata yang ada di Riau. Hal yang sama juga saya temukan di sebuah TV kecil di lift hotel ini.

Kamar mandi

Kamar mandi di Novotel Pekanbaru dibagi menjadi 3 kompartemen terpisah, yaitu toilet, shower room dan wastafel area.

Kolam renang

Kolam renang di Novotel Pekanbaru terletak di lantai 3, sama dengan tempat sauna dan restoran (tempat sarapan). Kedalaman kolam renangnya seragam 1,2 meter dan tidak terlalu besar (kolam tidak lebar, hanya memanjang). Kalau hari-hari kerja biasanya sepi tapi kalau pagi akhir pekan.. hmm.. rame kebanyakan anak-anak. Kolam renangnya bersih dan full outdoor.

Kolam renang Novotel Pekanbaru

Ngaso..

Pandangan sekitar hotel

Dari lantai 11 jendela kamar dan jendela dekat lift, saya bisa melihat suasana sekitar Jalan Riau yang bisa dibilang merupakan kawasan bisnis dan hiburan. Hamparan ruko berpadu dengan beberapa mall dan hotel di sini. Baru kali ini saya menengok Pekanbaru dari sekitaran Jalan Riau. Sebelumnya pernah dari resto The Peak dan Hotel Premiere dan pandangannya adalah ke arah Jalan Sudirman (pusat kota).

Oh ya, FYI lokasi Novotel Pekanbaru ini memang sangat strategis karena dekat kemana-mana, di samping kirinya ada Mall Ciputra Seraya (kalau jalan lagi ada Plaza 88 untuk beli buah-buahan), di depannya ada Sadira Plaza yang lumayan cozy J.Co-nya serta masih banyak restoran-restoran enak seperti Tan’s Kopitiam, Sop Ikan Kian Wee, Ayam Goreng Suharti, Restoran Garuda, RM Kota Buana, Local Pantry, Angkringan Teras Kayu, Ayam Penyet Ria dan lain-lain… Jalan Riau memang kawasan kuliner hakiki di Pekanbaru ❤

Seberang depan hotel: Sadira Plaza dan Hotel Tangram

Pandangan dari jendela kamar

Sarapan

Beberapa teman yang sudah pernah makan di Novotel Pekanbaru bilang bahwa menu sarapan di sini terbilang enak, apalagi kalau dibandingkan dengan beberapa hotel besar lain di Pekanbaru. Dan saya pun berpendapat hal yang sama..

I can not say much about their foods, it is just good!

Menu makanan rebus-rebusan

Menu sarapan yang bervariasi meliputi masakan Nusantara (nasi goreng, ayam goreng, ikan-ikanan, gulai tahu, dll), oat dan sereal, omelette, soto medan, lontong gulai nangka, rebus-rebusan (mie, kwetiaw), buah potong, roti-rotian, kue jajanan pasar, aneka jus dan lain-lain.

Roti-rotian macem-macem

Menu makanan Nusantara

Happy breakfast!

Gourmet Bar

Tepat di belakang kaunter resepsionis di lobby, Novotel Pekanbaru menyediakan sebuah ‘tempat jajanan’, namanya Gourmet Bar. Di sini dijual beberapa jenis cakes, roti, pizza, salad dan minuman kayak teh dan kopi. Kelebihannya yaitu harganya yang murah-murah banget. Makanan dan minuman bisa dinikmati sambil santai di Molecule Gastro Bar yang letaknya ada di samping Gourmet Bar.

Gourmet Bar

Adding some fats with this little Tiramisu cake

Fitness Center

Tempat gym-nya bisa dibilang cukup nyaman walau ukurannya kecil saja. Ada beberapa peralatan angkat beban (machine), dumble set serta peralatan kardio (sepeda statis dan treadmill). Selain itu, Novotel Pekanbaru juga punya sebuah ruangan sauna yang gedeee banget tapi sayang belum sempat coba saat menginap kemarin.

Sekian catatan pengalaman saya menginap di Novotel Pekanbaru! 🙂

Semoga bermanfaat..

Novotel Pekanbaru (4-star hotel)

Alamat: Jl. Riau No.59, Kp. Baru, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau 28154 (lihat peta)

Telepon: (0761) 25599

E-mail: reservation@novotel-pekanbaru.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s