Mencoba Naik Causeway Link 5 (CW5) dari Singapore ke Johor Bahru

Jadi ceritanya minggu lalu saya short getaway ke Johor Bahru (JB). Tapi sebelumnya mampir ke Singapore dulu ke tempat Kak Dissa dan Adimas di daerah dekat NUS sana (Pasir Panjang). Setelah sempat main ke MacRitchie Reservoir di SG, besoknya saya baru lanjut jalan ke Johor Bahru (JB). Perjalanan dari SG ke JB bisa ditempuh dengan beberapa moda, seperti kereta, shuttle bus, public bus, taksi maupun dengan kendaraan pribadi (bukan Grab dan sejenisnya) seperti yang diulas di artikel The Smart Local ini.

Sebelumnya pernah melintas perbatasan Malaysia-Singapore sehabis jalan-jalan dari Melaka dan mau balik ke Pekanbaru lewat Singapore (pernah saya tulis di Melaka ke Singapura dengan Bus). Nah, kali ini saya mencoba arah sebaliknya. Dari tempat Kak Dissa dan Adimas, saya naik MRT Yellow Line (Haw Par Villa – Botanic Garden) dilanjut interchange ke MRT Downtown Line(Botanic Garden – Newton). Turun di stasiun MRT Newton, saya cukup mengikuti signage yang memberikan arah ke Newton Food Center (Exit B).

Newton Food Centre
Jadi sempet baca-baca tentang sejarah hawker centre di Newton ini

Bus yang saya gunakan kemarin adalah Bus Causeway Link 5 (CW5) yang melayani rute perjalanan Newton Circus/Newton Food Centre – JB CIQ Complex/Bangunan Sultan Iskandar. CIQ ini merupakan kepanjangan dari Customs, Immigration and Quarantine alias Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina. Sedangkan Causeway Link sendiri merupakan penyedia jasa bus umum dari dan ke Johor Bahru dengan berbagai rute. Bus yang melayani rute cross border ke Singapore memiliki kode CW1 sampai CW6.

screenshot_2018-07-04-11-24-26-687_com-android-browser
Bus Causeway Link penghubung JB dengan Singapore (Source: Causeway Link)
Bus CW5 sudah stand by di dekat Newton Food Centre
Tiket bus CW5 seharga SGD 3,30

Perjalanan menuju Woodlands Checkpoint (imigrasi SG) melewati highway dengan memakan waktu sekitar 25 menit saja. Sampai di imigrasi, penumpang harus turun dari bus dengan membawa barang-barang bawaannya untuk pengecekan paspor. Setelah naik ke atas, cek paspor, turun lagi dari eskalator dan saya disambut antrian cukup panjang karena kebetulan itu hari Jumat, sore pula, jadi banyak orang Malaysia yang pulang ke rumah sehabis bekerja/sekolah/dll di SG.

Bangunan imigrasi Singapore di Woodlands
Setelah pengecekan paspor di imigrasi SG, lanjut menunggu bus CW5 yang tadi lagi

Setelah kembali naik bus, perjalanan dilanjut lagi dengan menyebrangi jembatan yang terbentang di atas selat pemisah SG dan JB. Karena saya menginap di dekat JB CIQ ini, setelah pemeriksaan paspor di imigrasi Malaysia, saya tidak perlu lanjut naik bus lagi, tetapi langsung keluar ke arah JB Sentral. Sedangkan kalau tujuan akhirnya ke Terminal Larkin, harus turun lagi ke bawah dan naik bus yang tadi dinaikin.

Keluar dari JB CIQ, lanjut menuju JB Sentral

Dari JB CIQ, saya jalan ke arah JB Sentral. Kedua bangunan ini dipisahkan oleh semacam sky bridge. JB Sentral ini semacam terminal bus dan stasiun bus terpadu, di lantai atas ada penjualan tiket kereta komuter (KTM) dan dengan peron di lantai bawah. Di lantai bawah juga kita bisa mencari bus dengan berbagai rute perjalanan seperti ke Legoland, Johor Premium Outlet (JPO), Hello Kitty Town, dll.

JB Sentral dari arah Komtar JBCC

Berhubung saya bakalan menginap di hotel di daerah Bukit Meldrum/Tanjung Puteri, awalnya saya agak kebingungan mencari jalan ke arah sana karena di Google Maps kayak terpisah oleh jalan layang itu. Eh tapi ternyata, sekarang sudah sky bridge super panjang yang menghubungkan JB Sentral dengan kawasan Bukit Meldrum/Tanjung Puteri, namanya JB CIQ Link. Tiga tahun lalu, 2015, saya ke sini belum ada ini jembatan. Amazing sih pembangunan di JB ini.. Jembatan ini nantinya bakal menghubungkan kompleks apartemen, show theatre dan shopping mall (R&F) yang menghadap ke arah Wooodlands – SG.

JB CIQ Link yang panjangnya sekitar 650 meter
Masih sepi sekali JB CIQ Link ini karena R&F Apartement dan Mall nya belum jadi
Taraa.. Sampai juga ke Bukit Meldrum, itu dia GBW Hotel (yang tengah)

Akhirnya sampai juga di hotel! Selanjutnya bakal tulis tentang pengalaman menginap di GBW Hotel dan catatan jalan-jalan di pusat kota JB! 🙂

Thanks.

Advertisements

8 thoughts on “Mencoba Naik Causeway Link 5 (CW5) dari Singapore ke Johor Bahru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s