Artikel tentang Rumbai – Pekanbaru

Tidak sedikit orang dari luar kota yang punya urusan kerjaan atau bisnis di daerah Rumbai. Well, namanya memang agak sedikit asing di telinga ya. Rumbai ini sebenarnya merupakan bagian (kecamatan) dari Kota Pekanbaru yang letaknya terpisahkan oleh Sungai Siak dari daerah pusat kota. Perkembangan di daerah ini lebih tertinggal dibanding pusat kota dan infrastruktur berupa jembatan merupakan opsi untuk meredam kesenjangan pembangunan tersebut. Karena itulah di Pekanbaru ada beberapa buah Jembatan Siak (saat ini 1-3 dan dalam proses pembangunan jembatan ke-4).

Nah karena saya tinggalnya juga di daerah Rumbai ini, kali ini saya akan merekap, merangkum dan merekomendasikan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di sini supaya nggak mati gaya. Saaah..

1. Bersepeda/Lari Pagi ke Danau Buatan/Danau Khayangan

Danau Buatan Rumbai bisa dibilang merupakan wisata alam yang paling dekat dari kos-kosan saya. Danau yang luasnya mencapai 15 Hektar ini terletak di daerah Limbungan, Kecamatan Rumbai Pesisir (lihat peta). Sesuai dengan namanya, danau ini memang betul-betul buatan dan berperan sebagai daerah tangkapan air untuk wilayah Rumbai. Sebenarnya nama asli danau ini adalah Danau Khayangan Lembah Sari. Tahun 2012 lalu, danau ini pernah menjadi venue olahraga Ski Air saat Riau menjadi tuan rumah ajang PON ke-18.

Sepedaan pagi menikmati pemandangan Danau Buatan Rumbai

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar danau ini dan juga umum dilakukan oleh masyarakat lokal dan pendatang yang berdomisili di sini.

  • Bersepeda karena kontur di daerah ini merupakan yang paling berbukit-bukit (hilly) di Pekanbaru
  • Lari pagi karena tidak ramai kendaraan bermotor dan udaranya masih terbilang bersih
  • Lainnya bisa sekedar duduk-duduk melihat pemandangan danau maupun asal foto-foto saja.
Danau Khayangan ini cocok juga untuk foto-foto..
Now, we realize this place is relaxing..
2. Rainbow Hill

Berawal dari postingan di blog Marischka Prudence dan samar-samar ingatan saya pernah ke sini saat ikut off-road tour komunitas orang-orang kantor, jadilah untuk kedua kalinya saya datang ke Rainbow Hill ini. Nama Rainbow Hill sendiri merupakan nama yang saya sadur dari artikel blog Mbak Marischka tersebut. Tidak ada nama resmi untuk perbukitan pasir ini. Yang jelas lokasinya ada di daerah Lembah Sari, Rumbai, Pekanbaru.

Ngaso di lahan kosong wkwk

Pada dasarnya warna tanah di area ini memang khas daerah Riau dan teksturnya cenderung berpasir. Jenis tanah seperti ini memang berbeda dari tanah di kebanyakan daerah di Pulau Jawa yang merupakan jenis tanah vulkanik/gembur.

Run baby run!
Suddenly, we forgot the UV light
Gundukan tanahnya untuk foto ala-ala

How to get there?

Dari pusat kota Pekanbaru ambil jalan ke arah Rumbai melalui Jembatan Siak 1/Jembatan Leighton –> ambil jalan ke arah Bundaran Chevron –> masuk ke Jl. Sembilang –> belok kiri ke Jl. Pramuka –> ikuti jalan sampai bertemu gerbang masuk Danau Khayangan atau bisa juga masuk melalui Jl. Kemping (lihat peta)

3. Masjid Dakwah

Salah satu masjid yang terbilang bagus, luas dan bersih di daerah Rumbai adalah Masjid Dakwah. Masjid ini terletak di Jl. Paus, tepatnya sebelum Bundara Chevron. Masjid ini didominasi oleh warna kuning dan emas. Dengan kubah berwarna emas dan 2 buah minaret di kanan kirinya, masjid ini terlihat apik khususnya pada saat senja/matahari terbenam.

2 pohon kelapa itu memperkental suasana Melayu dari masjid ini
The dome is shining bright like a gold

Kangen juga ih sama Rumbai… Hihi..

🙂

Advertisements

2 thoughts on “Artikel tentang Rumbai – Pekanbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s