Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Bandung! Kota tercinta… Meskipun saya nggak lahir maupun besar di Bandung, tapi sebagai warga Jawa Barat, saya luar biasa kagum dengan Kota Bandung. Entah mengapa banyak sekali daya tarik kota ini, mulai dari sejarahnya, orang-orangnya, bentang alamnya, suasana kotanya, kreativitasnya, cuaca sejuknya, makanannya…. dan masih banyak lagi yang nggak bisa disebutkan satu per satu. Bandung memang juara.

Ya, Bandung sangatlah spesial buat saya (dan pasti kebanyakan/semua orang juga begini). Terlebih selama 4 tahun saya menempuh kuliah di Bandung. Hari-hari itu sangat penuh keceriaan dan kebahagiaan namun juga penuh perjuangan bahkan terkadang disertai air mata dan banyak pengorbanan. Tsaaah.. Tak dipungkiri, banyak orang-orang ‘besar’ negeri ini, tak hanya warga Bandung asli, yang menempa diri dan memulai segalanya di kota ini.

Kali ini saya akan membahas sebuah monumen tentang perjuangan rakyat Jawa Barat yang berlokasi di kawasan Lapangan Gasibu, Jalan Dipati Ukur. Monumen tersebut dikenal dengan nama Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (MONJU). Monumen ini memiliki bentuk yang terinspirasi dari bentuk bambu runcing, sungguh khas mencerminkan perjuangan masyarakat di Tatar Sunda zaman dahulu.

Megahnya Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung
Burung Garuda Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika – Simbol NKRI

Mengutip informasi dari Wikipedia, terdapat 7 buah diorama di dalam museum yang terdapat di bawah bangunan monumen ini. Diorama tersebut menggambarkan perjuangan rakyat Jawa Barat sejak era kolonial hingga era pemberontakan DI/TII.

  1. Diorama Perjuangan Sultan Agung Tirtayasa Bersama Rakyat Menentang Kolonial Belanda Tahun 1658
  2. Diorama Partisipasi Rakyat Dalam Pembangunan Jalan di Sumedang
  3. Diorama Perundingan Linggarjati 1946
  4. Diorama Bandung Lautan Api 24 Maret 1946
  5. Diorama Long Mach Siliwangi Januari 1949
  6. Diorama Konfrensi Asia Afrika di Bandung 1955
  7. Diorama Operasi Pagar Betis (Operasi Brata Yuda) 1962.

Di sisi samping monumen, terdapat berbagai relief kisah perjuangan rakyat Jawa Barat mulai dari masa kerajaan, masa pergerakan, masa kemerdekaan, dan masa mempertahankan kemerdekaan.

Relief di MONJU
Lambang Provinsi Jawa Barat

Ayo kunjungi MONJU agar kita lebih tahu bagaimana besar dan beratnya perjuangan yang diraih oleh pendahulu-pendahulu kita di Jawa Barat. Masuk ke monumen dan museum ini tidak dipungut biaya sama sekali alias GRATIS lho!

Jaya terus rakyat Jawa Barat!

Advertisements

3 thoughts on “Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s